5 Cara Membuat Kopi Tubruk

5 Cara Membuat Kopi Tubruk

Bagaimana membuat kopi instan memang sangat mudah. Tapi ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Sehingga hasil kopi lebih gurih dan lezat. Menyeduh kopi adalah seperti membuat sebuah mahakarya. Masing-masing tangan menghasilkan rasa yang berbeda dari kopi, bahkan memakai jenis yang sama kopi. Perbandingan air, kopi dan gula juga harus sesuai. Ini adalah tips yang harus Anda pertimbangkan, untuk menghasilkan rasa kopi.

5 Cara Membuat Kopi Tubruk
5 Cara Membuat Kopi Tubruk

5 Cara Membuat Kopi Tubruk

1. Air seduhan

Dalam satu cangkir kopi tradisional, 90 persen air. Oleh karena itu, Anda harus menyediakan suhu air yang tepat, sehingga rasa akan kopi lebih nikmat. Banyak yang mengatakan, pakai air mineral dan memasak air itu sendiri dapat menghasilkan aroma yang berbeda. Banyak barista mengatakan, pakai air mineral dapat menghapus karakter kopi yang lebih baik daripada air memasak sendiri. Tetapi juga disesuaikan dengan selera Anda sendiri. Yang penting masih air tawar, berwarna jernih dan tidak berbau sama sekali. Memanaskan air sampai suhu 90 derajat Celcius. Jika Anda tidak memiliki alat pengukur suhu. Membawa air untuk benar-benar mendidih, kemudian diamkan selama 2 menitan.

2. Jenis Yang Di diseduh kopi

Jenis kopi banyak. Di Indonesia ada yang namanya kopi Gayo, kopi Sumatera, Sumbawa kopi, kintamani kopi dan banyak lagi. Anda dapat menggunakan jenis biji kopi untuk membuat kopi instan. Tinggal sesuaikan dengan selera Anda. Pilih biji kopi segar, baru dipanggang. Jangan gunakan biji kopi yang sudah disangrai lebih dari 2 bulan. Kemudian menggiling kopi sendiri. Anda dapat menggiling sampai halus atau menengah. Jika biji kopi yang masih segar, aroma kopi akan membuat lebih lezat dan lezat.

3. Tuang Alat

Untuk membuat kopi ini, Anda tidak perlu pembuat alat yang rumit. Anda hanya perlu pot, panci dan sendok. Tak perlu mesin yang kompleks kopi penyeduh. Untuk menggiling, Anda dapat menggunakan penggilingan atau grinding alat manual. Semua alat seduhnya dapat ditemukan di rumah. Dengan harga yang murah.

4. Rasio Air Dan Kopi

Untuk membuat kopi diseduh lezat, Anda harus memperhatikan rasio air dan kopi. Sebenarnya, rasio ini dapat disesuaikan dengan selera. Anda ingin kopi yang kuat atau agak cair. Jika rasio kopi lebih kental daripada air. Tetapi jika kopi terlalu berair, dapat menghilangkan karakter dan rasa kopi itu sendiri. Oleh karena itu Anda harus membuat perbandingan yang tepat. perbandingan bisa memakai 01:15. Misalkan Anda memiliki 20 gram kopi, lalu tempelkan pada 300 ml air. dengan perbandingan, akan membuat kopi lebih gurih dan lezat.

5. Waktu Brewing

Menyeduh waktu menjadi sangat penting. Hal ini akan mempengaruhi rasa dan aroma kopi. Untuk jenis bir memakan waktu sekitar 4 menit. Pertama, Anda perlu untuk membasahi kopi dengan sedikit air panas selama 30 menit. Kemudian menuangkan air panas lagi sedikit demi sedikit. Sedangkan viskositas kopi adalah tepat.

Bagaimana mudah bukan? Anda dapat membuat sendiri di rumah tanpa harus menggunakan bahan kompleks. Dapat membuat diri Anda di pagi hari setelah bangun tidur. Nikmati kopi instan akan menjadi bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *